Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Kodim 0209/Labuhanbatu Gelar Binter Terpadu


LABUHANBATU,NUSANTARA7-Kodim 0209/LB,Rabu tanggal 06 November 2019,menggelar giat Binter Terpadu dengan tema,“Memberdayakan wilayah pertahanan melalui kegiatan Binter Terpadu guna memantapkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh”, yang diikuti sekitar 1.000 orang bertempat di lapangan bola kaki Kodim 0209/LB jalan Abdul Azis Kecamatan Rantau Utara Kabupaten Labuhanbatu.

Giat ini turut dihadiri oleh yang mewakili Danrem 022/PT, Kasiterrem 022/PT Letkol Inf Sutan Lubis, Dandim 0209/LB Letkol Inf Santoso, Kapolres Labuhanbatu AKBP Agus Darojat, SH.SIK.MH, Wakil ketua DPRD Labuhanbatu Zuraidah Harahap, yang mewakili Bupati Labuhanbatu, Asisten I Pemerintahan H. Nasrullah, yang mewakili Bupati Labura Asisten I Pemerintahan Endar Bakti Hasibuan, Kasdim 0209/ LB Mayor Inf Ertiko Cholifa, S.H, S.Pd, Kakanminved Rantauprapat,Mayor Inf Husni.

Selain itu,kegiatan ini juga dihadiri oleh Ketua Etnis Tionghoa Labuhanbatu Sujian/Acan, Ketua KNPI Labuhanbatu Hamzah, Ketua Karang Taruna Labuhanbatu Aswin, Ketua Pokja I TP PKK Labuhanbatu Hj. Ratna Sari Dewi Nasrullah mewakili Ketua TP PKK Labuhanbatu, Para Perwira jajaran Kodim 0209/LB, Dansubdenpom Rantauprapat Kapten CPM Sarwo Edi, Para OPD Labuhanbatu Raya, Para Camat se-Labuhanbatu, Para Tomas, Toda, Toga dan Ormas se-Labuhanbatu, Para Penerima Kursi Roda, Para Penerima Tali Asih, Para peserta Bazaar Murah, Para Pendukung Acara Kegiatan Binter Terpadu, Para Pelajar tingkat SMA se-Kecamatan Rantau Utara serta Para Pramuka Saka Wira Kartika binaan Kodim 0209/LB.

Dandim 0209/LB,Letkol Inf Santoso,dalam sambutannya mengatakan dalam pertahanan semesta yang digunakan bangsa Indonesia, TNI merupakan komponen utama pertahanan untuk mensinergitaskan seluruh komponen pertahanan di daerah.Dan hari ini kita berkumpul untuk melaksanakan kegiatan Binter Terpadu Kodim 0209/LB.

“Didalam bingkai NKRI terdapat berbagai ras,suku,bahasa,agama dan kondisi wilayah yang berbeda,tentunya ada kerawanan dan perpecahan,baik itu pengaruh dari luar negeri maupun dalam negeri.Disini TNI membangun kemanunggalan untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan komponen bangsa”, tegas Dandim.

“Kepada Tim Wasev Binter Terpadu dapat kami sampaikan bahwa terselenggaranya kegiatan ini merupakan sinergi antara unsur pemda se-Labuhanbatu Raya serta beberapa pihak lain khususnya masyarakat Labuhanbatu Raya”, pungkasnya.

Sementara perwakilan tokoh masyarakat Labuhanbatu Ustad Ali Azhar Samosir dalam sambutannya mengucapkan terima kasih dan rasa bangga kepada TNI khususnya Kodim 0209/LB yang selalu memberikan bantuan kepada masyarakat Labuhanbatu, Bersama Rakyat TNI kuat dan bersama TNI, Polri dan Rakyat akan selalu solid menjaga persatuan dan kesatuan Bangsa”, ujarnya.

Danrem 022/PT dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kasiter Rem 022/PT Letkol Inf Sutan Lubis mengatakan,kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari Pembinaan Teritorial TNI AD, yang bertujuan untuk membangun soliditas yang kokoh antara sesama prajurit dengan Pemda dan komponen masyarakat lainnya.

Dijelaskanya,kegiatan Binter Terpadu yang dilaksanakan di wilayah Kodim 0209/LB ini di isi dengan berbagai kegiatan, berupa sosialisasi Wasbang kepada Mahasiswa, Organisasi Kepemudaan, Tokoh Agama, Tokoh Adat, TNI/Polri, dan Pelajar SMA. Tidak hanya itu saja kegiatan ini juga dilanjutkan dengan rehabilitasi fasilitas umum diantaranya Rehab Rumah Ibadah, dan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

“Kegiatan seperti ini, hendaknya menjadi agenda yang digelar secara teratur dan berkelanjutan, khususnya di wilayah Korem 022/PT sebagai bentuk kepedulian, perhatian dan tanggung jawab terhadap kondisi kehidupan masyarakat di wilayah Korem 022/PT”, harapnya.

Dalam pesan tertulisnya Danrem katakan,prajurit yang terlibat dalam kegiatan Binter Terpadu, agar selalu berkomunikasi baik dengan semua elemen masyarakat yang ada di wilayah. Bekerja membantu masyarakat adalah pekerjaan mulia bagi kita. Kerjakan dengan senang hati, kerja dengan keceriaan serta tulus dan iklas.


Acara dilanjutkan dengan Penampilan Flas Mob Pramuka Saka Wira Kartika Kodim 0209/LB, Penampilan Tari Kreasi Melayu menjaga kearifan lokal oleh Siswa SMK Siti Banun, penyerahan kursi roda kepada masyarakat penderita Lumpuh yang kurang mampu serta pemberian Tali Asih kepada perwakilan Kaum Dhuafa di sekitar Makodim 0209/LB.

Selanjutnya Rombongan Tim Peninjau dan Dandim 0209/LB serta Forkopimda meninjau stand Bazaar Murah lalu meninjau pelaksanaan Sunat Massal dan Donor Darah kemudian Rombongan meninjau Lokasi Rehab Kamar mandi Mesjid At Tawab di Kelurahan Perlayuan Rantau Utara dan terakhir Meninjau RTLH Sdr. Muktar Nasution di jalan Paindoan Kelurahan Rantauprapat Kecamatan Rantau Utara Kabupaten Labuhanbatu.

Setelah Rombongan kembali menuju Makodim untuk melaksanakan Isoma kemudian Kasiterrem 022/PT dan Dandim 0209/LB memberi pengarahan kepada Pramuka Saka Wira Kartika di Lapangan Apel Makodim 0209/LB.

Dalam arahanya kepada anak anak pramuka,Letkol Inf Sutan Lubis,meminta anak anak pramuka untuk jadikan ajang ini sebagai proses pembelajaran dan jadikan materi-materi Krida yang disampaikan sebagai pengetahuan baru yang tidak akan diterima di Saka yang lain.

“Gapailah cita-cita kalian setinggi mungkin, saya doakan semoga ada yang jadi TNI dan masuk melalui jalur Akademi Militer”, ujarnya.

Kepada anak anak Pramuka,Dandim Santoso mengatakan,pertemuan dalam kegiatan saka Wira Kartika tidak selesai sampai hari ini namun akan terus berlanjut dengan kegiatan-kegiatan yang lain khususnya dalam bidang kepramukaan.

“Kegiatan saka Wira Kartika kali ini saya nyatakan selesai, silahkan kembali ke rumah masing-masing, jaga faktor keamanan dan sampaikan salam kami untuk seluruh orang tua kalian”, tandas Dandim.

Hits: 11

Comments

comments

Tinggalkan Komentar Anda