Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pemuda Muhammadiyah, Inisiator Penguatan Literasi di Manggarai Barat

Sumardi (Kades Siru Kecamatan Lembor Manggarai Barat)

Oleh : Sumardi | Kades Siru, Manggarai Barat

Secara pribadi, saya mengapresiasi inisiatif Pemuda Muhammadiyah Manggarai Barat, yang menginisiasi kegiatan bedah buku ” Selamat datang di Manggarai Barat”.

Ini adalah upaya penguatan literasi kaum muda Manggarai Barat, ditengah rendahnya minat baca tulis kaum milenial di daerah ini.

Saya melihat kegiatan bedah buku ini, dari perspektif penguatan literasi. Kita butuh waktu yang cukup, untuk menumbuhkan minat baca dan menulis bagi kaum muda.

Narasi menumbuh kembangkan budaya literasi terus digemakan di daerah ini. Saya berharap, dari kegiatan bedah buku ini, akan terbentuk komunitas literasi.

Dan Pemuda Muhammadiyah, harus menjadi pelopor penggerak kaum muda untuk menumbuhkan budaya literasi di daerah ini.

Kultur kita adalah narasi tutur, yang secara turun temurun terwariskan dari nenek moyang kita. Kultur ini harus diubah, mari kita tuliskan apa yang kita tutur, dan tuturkan apa yang kita tulis.

Saya berkeyakinan, Suadara Syamsudin Kadir, dan Muhammad Achyar menjadi penulis, bukan hanya bermodalkan membaca tumpukan buku.

Tapi butuh latihan dan proses yang panjang. Akumulasi dari latihan dan proses yang panjang inilah, kemudian mereka menjadi penulis hebat kebanggan kita semua.

Mari kita perkuat idealisme kaum muda dengan banyak membaca, diskusi, dan yang tak kalah penting adalah menulis. Sebab, menulis adalah dokumentasi pikiran yang tak akan lekang di telan zaman.

Hits: 35

Comments

comments

Tinggalkan Komentar Anda