Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Tiga Ekonom Menangkan Hadiah Nobel Ekonomi dalam Mengatasi Kemiskinan Global

Potret Abhijit Banerjee, Esther Duflo, dan Michael Kreme, yang telah diumumkan sebagai pemenang Hadiah Nobel Ilmu Ekonomi 2019. (Foto: via Reuters)

Tiga ekonom telah memenangkan Hadiah Nobel Ekonomi dalam upaya mereka untuk membantu mengatasi kemiskinan global.

Akademi Ilmu Pengetahuan Kerajaan Swedia mengumumkan pada hari Senin (14/10), pihaknya memberikan hadiah bergengsi itu kepada warga Amerika kelahiran India Abhijit Banerjee, warga Amerika keturunan Prancis Esther Duflo, dan warga Amerika Michael Kremer.

Duflo adalah wanita kedua yang pernah memenangkan hadiah ekonomi.

Akademi itu mengatakan para ekonom tersebut memperkenalkan pendekatan baru untuk mencari cara terbaik guna memerangi kemiskinan, dengan fokus pada pertanyaan-pertanyaan sederhana, seperti bagaimana meningkatkan kesehatan anak atau pendidikan.

“Sebagai hasil langsung dari salah satu studi mereka, lebih dari lima juta anak di India telah mendapat manfaat dari program bimbingan belajar yang efektif di sekolah. Contoh lain adalah subsidi besar untuk perawatan kesehatan preventif yang telah diperkenalkan di banyak negara,” kata akademi itu.

Ketiga penerima penghargaan itu akan membagi rata hadiah uang sebesar AS$915.300.

Hits: 17

Comments

comments

Tinggalkan Komentar Anda