Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Penutupan TMMD,Kodim 0209/LB Akan Mengelar Hiburan Rakyat


LABUHANBATU,NUSANTARA7-Penutupan program lintas sektoral TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 Kodim 0209/Labuhan Batu Korem 022/Pantai Timur, Kodam I/Bukit Barisan yang rencananya akan digelar,Kamis 08 Agustus 2019 di Desa Cinta Makmur,Kecamatan Panai Hulu, Kabupaten Labuhan Batu, Provinsi Sumatera Utara (Sumut),akan diwarnai dengan pagelaran hiburan rakyat dan bhakti sosial (Bhaksos) pengobatan gratis,donor darah dan sunatan massal.

Selain itu, akan digelar juga pembuatan kartu tanda penduduk (KTP) dan surat izin mengemudi (SIM) gratis bagi masyarakat.

Dansatgas TMMD ke-105,Letkol Inf Santoso,menyampaikan bahwa upacara penutupan TMMD akan dilaksanakan di Lapangan Desa Cinta Makmur, Kecamatan Panai Hulu yang selama sebulan ini telah menjadi pusat kegiatan TMMD ke-105, yang dimulai sejak pra TMMD hingga pembukaan secara resmi pada 11 Juli 2019.

“Direncanakan penutupan TMMD,kita akan menggelar hiburan rakyat dengan mengundang artis KDI Ibukota Jakarta dan penyanyi dari kota Rantauprapat.Selain itu pengobatan gratis,sunatan massal, donor darah juga disiapkan dalam acara penutupan TMMD di Desa Cinta Makmur“,terang Dansatgas, Selasa 06 Agustus 2019.

Dia juga menambahkan hiburan rakyat digelar sekaligus memperingati HUT RI ke-74 tahun 2019.Selain itu, kata Dansatgas, dalam acara penutupan TMMD,ada juga pembuatan SIM dan KTP gratis bagi masyarakat yang mau mengurusnya.

“Pembuatan SIM gratis untuk menyadarkan masyarakat tertib lalulintas jika berkendaraan dijalan raya. Dengan memiliki SIM tentu kita akan nyaman berkendara, “ucap Dansatgas yang sehari-hari menjabat Dandim 0209/LB ini.

Abituren Akmil ini merincikan bahwa sejauh ini kegiatan fisik yang tuntas dikerjakan personel Satgas dibantu warga masyarakat diantaranya pembukaan badan jalan dari Desa Cinta Makmur Kecamatan Panai Hulu menuju Desa Tanjung Haloban Kecamatan Bilah Hilir Kabupaten Labuhanbatu sepanjang 1.725 meter X 8 meter, serta penimbunan badan jalan 1.725 meter X 5 meter.Kemudian, pengerjaan Galian Parit sebelah kanan/kiri badan Jalan sepanjang 2.050 meter, pembuatan 1 unit jembatan Double Box, pembangunan 2 jembatan Dweker, pembuatan 1 unit tugu TMMD ke-105, Rehab 5 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), 1 unit Pos kamling, dan rehab 1 unit MCK Musholla Darul Muttaqin.

Sedangkan untuk 15 kegiatan non fisik meliputi 2 program Penyuluhan tentang Bela Negara dan Wawasan kebangsaan (Wasbang) juga diikuti 13 Sosialisasi yang berisikan tentang pelayanan kesehatan, Pertanian, Pendidikan, Hukum dan Kamtibmas, Narkoba, Keagamaan, KB Kesehatan,Perikanan/Peternakan,Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kegiatan PKK, pelayanan Publik dan Kependudukan, Bahaya Terorisme dan Faham Radikalisme, serta mitigasi bencana kepada masyarakat.

“Sebagai tambahan kegiatan untuk masyarakat yang ingin mengikuti ujian Paket A, B dan C maka kita bekerjasama dengan Disdik memyelenggarakan kegiatan PKBM”,urai Letkol Inf Santoso.

Disampaikannya,manfaat program TMMD ke-105 Kodim 0209/LB sangat membantu meningkatkan taraf hidup perekonomian masyarakat setempat yang sebagian besar mata pencariannya berkebun.

Menurutnya, kegiatan TMMD adalah suatu sektor non sektoral yang dilaksanakan secara terpadu atas kerja sama dengan Pemkab Kab Labuhan Batu dan unsur terkait.

“Kegiatan TMMD Cinta Makmur terlaksana atas adanya kerjasama, dan yang punya anggaran adalah Pemda sebagai amanat Undang-Undang Pemerintah Daerah Nomor 32 dan ada revisi-revisi undang-undang. Tanggung jawab pemuda itu di bidang keamanan, Pemda bertanggung jawab mengkolaborasikan semua ketertiban masyarakat dan kesejahteraan rakyat. Pemda dalam hal pembangunan diwilayahnya melaksanakan koordinasi dengan TNI dan Polri dalam konteks pembangunan di wilayah. Pertahanan wilayah harus berkolaborasi dan itu tidak boleh dilepaskan,” terangnya.

Ditambahkan oleh Dansatgas bahwa seluruh sasaran non fisik berupa penyuluhan-penyuluhan kepada masyarakat Desa Cinta Makmur dan pihak-pihak yang terkait juga telah dilaksanakan dengan sukses.T

Tak hanya itu saja,dalam kegiatan TMMD diwilayah Desa Cinta Makmur,Kodim 0209/LB juga menyelenggarakan event-event menghibur masyarakat seperti Trabass Lahan Gambut Bersama Dandim, Gowes Bareng Komunitas,balapan sepeda BMX anak-anak SD dan SMP,senam pagi bersama, nobar di Poskotis dan lainnya.

“Saya berharap dengan adanya kegiatan TMMD di Desa Cinta Makmur,meskipun TMMD usai, keakraban dan silaturahmi tetap terus dijaga antara TNI dan Rakyat, “pesannya.

Santoso juga mengingatkan kepada warga masyarakat Cinta Makmur untuk tetap menjaga kerukunan dan tingkatkan silaturahmi.

“TNI hadir sesaat, ribuan kenangan tak akan terlupakan rakyat.Saya minta apa yang telah dibangun TNI di Desa Cinta Makmur harus tetap dijaga dan dirawat dan semoga semua kegiatan fisik program TMMD bermanfaat bagi masyarakat sampai kapanpun, “tandasnya.

Hits: 14

Comments

comments

Tinggalkan Komentar Anda