Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Koperasi San Dominggo Hokeng Berkomitmen Sejahterakan Anggota

Calon Anggota Koperasi San Dominggo saat mendapatkan Pelatihan Dasar Koperasi,7/4/2019

FLORES TIMUR,NUSANTARA7-Bertujuan membangkitkan pemahaman anggota tentang konsep, prinsip, metode, dan praktik dalam berkoperasi,manajemen Koperasi Sandominggo Hokeng menggelar pendidikan dasar kepada calon anggota koperasi, yang dihadiri sekitar 50 lebih orang dan berlangsung di aula kopdit San Dominggo Hokeng, Flores Timur, 7/4/2019.

Ketua dewan pimpinan Kopdit San Dominggo  Hokeng,Stefanus Ratu Puka, dalam  sambutannya mengatakan pendidikan anggota diharapkan meningkatkan pengetahuan dan kesadaran dalam berkoperasi.

“Semua anggota yang hendak bergabung di kopdit ini harus melalui pendidikan.Kita mengharapkan agar semua masyarakat dengan keterbatasan boleh bergabung agar secara bersama sama dan dengan semangat kekeluargaan boleh mencapai kesejahteraan ekonomi”,katanya.

Stef menambahkan,Kopdit San Dominggo mempunyai beberapa produk simpanan, salah satu produk simpanan  unggulan adalah Daperma dari INKOPDIT ( Induk Koperasi Kredit ) yang bertujuan untuk melindungi anggota dari resiko pinjaman yang terjadi ketika anggota meninggal dunia atau cacat total tetap.

Dikisahkanya,Kopdit San Dominggo mulanya adalah koperasi kecil yang dinamakan KST (Kelompok Studi Tabungan), digagas Pater Alfons Hayon, SVD, didirikan pada tanggal 28/11/1990 dan beranggotakan karyawan seminari. Dengan semangat kebersamaan dan sejahterakan anggota,akhirnya pada tanggal 22 Januari 1994 KST tersebut beralih menjadi koperasi simpan pinjam dan berbadan hukum .Tak heran  kini kopdit San Dominggo memiliki  2850 anggota dengan saham 15,6 Miliar,Non saham 12,5 miliar, pinjaman anggota 24 miliar dan mempunyai kas 35 miliar.

Sementara itu, pengurus pengkreditan Kopdit Sandominggo,Yokis Kiwan,mengatakan koperasi menyediakan layanan yang sesuai dengan kepentingan dan kebutuhan anggota. Dalam menjalankan usaha, koperasi memberikan pinjaman ke anggota dengan mekanisme yang sudah ditentukan dan jaminan terbaik bagi peminjam adalah watak dari si peminjam itu sendiri.

“Jadi kalau mau pinjam boleh saja, kami siap melayani dan menjadi jaminan utama dalam pinjaman adalah kepercayaan” kata Yokis.

Kegiatan ini diakhiri dengan penyerahan sertifikat oleh pimpinan kopdit San Dominggo kepada para calon anggota sebagai tanda telah mengikuti pendidikan dasar calon anggota.

Hits: 31

Comments

comments

Tinggalkan Komentar Anda