Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Menilik Festifal “Bale Nagi” Flores Timur Dan Lounching Pantai Oa

Pementasan Tarian adat Flores Timur ,pada acara Pembukaan Festival ” Bale Nagi” pergelaran seni dan budaya sekaligus melaunching Pantai Oa sebagai destinasi wisata yang baru di Desa Pantai Oa, Kecamatan Wulanggitang, Flores Timur, 6/4/ 2019

FLOTIM,NUSANTARA7-Bupati Flores Timur,Antonius Gege Hadjon, ST ,secara resmi membuka festival “Bale Nagi”, pergelaran seni dan budaya sekaligus melaunching Pantai Oa sebagai destinasi wisata yang baru di Desa Pantai Oa, Kecamatan Wulanggitang, Flores Timur,6 April 2019.

Even yang digelar pemerintah Kabupaten Flores Timur ini berhasil menyedot ribuan pengunjung dengan sajian sajian pertunjukan budaya dan kesenian tradisional lainnya dari berbagai desa se kecamatan Wulanggitang dan Ile Bura. 

Even ini merupakan upaya pemerintah daerah untuk menjaga kelestarian dan sekaligus mewariskan budaya tradisi lokal daerah.Selain itu juga sebagai sarana untuk menggali kreativitas masyarakat serta meningkatkan ekonomi masyarakat berbasis pariwisata. Even ini juga sebagai pendukung even wisata religi tahunan “Semana Santa” di Larantuka.

Bupati Antonius Gege Hadjon dalam sambutanya mengatakan,pelaksanaan festival ini berkaitan erat dengan kebijakan pemerintah yaitu kebijakan di bidang pariwisata dengan menjadikan Flores Timur sebagai salah satu basis wisata di Nusa Tenggara Timur dan juga di Indonesia.

“Mari kita perkuat budaya kita sehingga kehadiran pariwisata dapat membawa dampak positif dan lebih memperkuat jadi diri kita” Kata Anton Hadjon.

Bupati Anton menghimbau kepada orang muda untuk terus berkarya, menjual sesuatu yang bernilai positif serta tidak ikut dalam membawa berita hoax.Ia juga berharap akan tumbuh kelompok sadar wisata yang menjadi bagian dalam menjaga dan melestarikan alam.

Promosikan Wisata Religi “Semana Santa”

Ritual Prosesi “Semana Santa”

Sementara itu,Kepala Disparbud Kabupaten Flores Timur ,Apolonia Corebima,dalam laporan kepanitiaan festival Bale Nagi mengatakan tujuan dari festival itu sendiri adalah mempromosikan wisata religi Semana Santa, memperkenalkan berbagai potensi alam seni dan budaya Flores Timur serta meningkatkan jumlah peziarah dan wisatawan ke Flores Timur.

Dijelaskannya, Festival ini dinamakan “Bale Nagi” karena secara harafiah  artinya “pulang kampung”. Berangkat dari tradisi orang Flores Timur mudik biasanya dilakukan saat hari raya Paska, sehingga digagasnya festival Bale Nagi yang juga bertujuan mengajak orang orang Flores Timur yang ada di luar daerah  agar pulang saat Semana Santa dan sekaligus mengajak para peziarah atau diaspora yang datang mengikuti Wisata Relegi Semana Santa untuk tinggal lebih lama di Kabupaten Flores Timur.

Selain itu Apolonia menambahkan,festival ini mempunyai beberapa rangkaian acara yang juga akan berlangsung di beberapa tempat di Kabupaten Flores Timur yakni tanggal 7 April 2019 semua pengunjung diundang untuk menikmati pesta ombak Pantai Rako serta launching dan minum kopi 1001 cup kopi  “Leworok,

Kegiatan ini berpusat di Pantai Rako Desa Hewa Kecamatan Wulanggitang, dilanjutkan dengan trekking ke puncak Bukit Manuk dan bukit Tanjung Makasar dan trekking Air terjun Wairpoar (open date) di Desa Boru Kedang, Kecamatan Wulanggitang.

Dilanjutkan pameran tenun ikat di Pulau Solor tanggal 12 April 2019, Mekko exploring di Desa Pledo Pulau Adonara (open date), Semana Santa di Larantuka, Wure dan Konga tanggal 17-21 April 2019, Rekang Wu’ung dan atraksi budaya di Sukengwaseng Pulau Solor tanggal 22-23  April 2019, Festival tenun ikat Lamaholot Flores Timur dan pameran pendidikan tinggi dan vokasi tingkat nasional di taman kota Felix Fernandez Larantuka 23-24 April 2019, Lamawohong culture festival di Desa Lamawohong Pulau Solor tanggal 24-25 April 2019, dan yang terakhir adalah lomba traditional fishing di Desa Lewomuda pada tanggal 26-27 April 2019.

Pantauan media ini di lokasi , kegiatan tersebut mendapatkan apresiasi dari para pengunjung dan berlangsung meriah.

Hits: 443

Comments

comments

Tinggalkan Komentar Anda