Bawaslu Apresiasi Pembentukan Saka Adhyasta Pemilu

Labuhanbatu,nusantara7.com – Plt Ketua KWARCAB 05 Labuhanbatu Kapt.Inf.Suleman melantik Saka Adhyasta Pemilu pada Sabtu 1 Desember 2018 di Hotel Permata Land dan dirangkai dengan sosialisasi pengawasan partisifatif.

Sebagai narasumber,Parulian Silaban,S.Ag,SE, Kordiv Hukum Data dan Informasi Bawaslu Labuhanbatu dalam rangka pemilihan anggota DPR,DPD,DPRD dan pemilihan Presiden dan wakil Presiden tahun 2019, Sabtu (1/12/2018)

Plt Ketua KWARCAB 05 Labuhanbatu Kapt.Inf.Suleman dalam pelantikan Saka Adhyasta Pemilu Kabupaten Labuhanbatu dalam sambutannya mengatakan, Ketua BAWASLU sudah menjadi pelopor pembentukan Saka Adhyasta Pemilu Kwarcab 05 Labuhanbatu di Sumatra Utara khususnya Labuhanbatu.

“Suatu terobosan yang saling menguatkan, kerjasama BAWASLU dan Kwarcab 05 Labuhanbatu.Diharapkan Saka Adhyasta,menjadi Pelopor dan inspirator bagi pemuda pemudi bangsa untuk berpartisifasi dalam pengawasan Pemilu”,ungkapnya.

Kapt.Inf.Suleman menambahkan, tujuan dapat dicapai dengan kerjasama yang saling menguatkan antara Mabi,pengurus Pimpinan Saka, Pamong Saka, Pimpinan Krida,dalam merencanakan, melaksanakan program kerja secara berkesinambungan terarah dan terukur serta di kelola dengan manajemen yang baik.

Ketua BAWASLU Kabupaten Labuhanbatu Makmur,SE,dalam sambutannya mengatakan sosialisasi pengawasan partisifatif dirangkai dengan pelantikan pengurus Saka Adhyasta pemilu Kabupaten Labuhanbatu bertujuan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan Pemilu,menciptakan pemilu yang langsung,umum,bebas,rahasia,jujur dan adil.Menjadikan sekolah Demokrasi bagi anggota Pramuka dibidang pengawasan Pemilu serta memberikan pendidikan khusus pengawas pemilu bagi anggota Pramuka.

“Adapun sasaran pembentukan Saka Adhyasta Pemilu adalah untuk memperluas pengawasan pemilu kepada pemilih pemula, mewujudkan calon aparatur pengawas pemilu dan menciptakan aktor Pengawas Pemilu”,ungkap Makmur.

Makmur jelaskan, Pelantikan tersebut merupakan rangkaian kegiatan sosialisasi saka Adhyasta pemilu kabupaten Labuhanbatu yang di laksanakan selama 3 Minggu dibulan Nopember Tahun 2018 di seluruh Kecamatan sekabupaten Labuhanbatu.

“Gerakan Pramuka sudah mempunyai modal sosial yang kuat untuk terlibat dalam pengawasan pemilu merupakan sumbangsih yang sangat dibutuhkan untuk pembangunan demokrasi di Indonesia, gerakan pramuka bisa menjadi inisiator, pelopor bagi pemuda pemudi,dan menjadi relawan dalam menegakkan demokrasi serta bisa menularkan semangat kerelawanan pengawas pemilu”,ucapnya.

Ketua Bawaslu Provinsi Sumatra Utara Syafrida Rahmawati Rasahan, dalam arahannya mengatakan kegiatan pramuka ini sangat luar biasa mulai dari SD sampai perguruan tinggi.

” Ini organisasi yang tidak ada matinya sampai umur 70 Tahun panggilannya tetap Kakak dan tidak ada panggilan Kakek atau Nenek, ini organisasi yang awet muda”, ucap Syafrida

Syafrida mengatakan ini pelantikan Saka Adhyasta Pemilu pertama di Sumatra Utara.

“Saya hadir disini karena ini yang pertama kali,yakinlah Bawaslu Kabupaten lain akan datang kesini untuk belajar meminta panduan,walaupun sudah ada panduan dari Bawaslu RI,yang di perlukan kabupaten lain adalah kemasan acara yang disuguhkan”,  ungkap Syafrida

Menurutnya,Bawaslu Provinsi Sumatra Utara sangat mengapresiasi pembentukan Saka Adhyasta Pemilu didukung KWARCAB 05 Labuhanbatu dan didukung seluruh jajaranPemkab Labuhanbatu, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Kesbang Polimas.

“Kami berharap dengan hadirnya Saka Adhyasta Pemilu ini bisa membuktikan pengawasan partisipatif dalam rangka Pemilu tahun 2019 dan pendidikan Politik bagi masyarakat”,pungkasnya. (RED)

Share

Comments

comments

Berita Lainnya