Terminal Nggorang Dinilai Mubazir,Ini Penjelasan Kadishub Mabar

Kadishub Manggarai Barat,Aleksander S.Kelang,ST.MT

Terminal Nggorang yang terletak di Kecamatan Komodo Manggarai Barat dinilai mubazir oleh sejumlah kalangan.Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat diminta segera menggunakan terminal tersebut agar produktif bagi Kabupaten Manggarai Barat.

Labuan Bajo,nusantara7.com-Sejumlah kalangan meminta Pemkab Manggarai Barat memanfaatkan kembali terminal Nggorang demi kepentingan masyarakat.Terminal yang sempat difungsikan selama beberapa tahun ini,saat ini mubasir dan tidak difungsikan lagi.

Seperti yang disampaikan oleh salah seorang warga Nggorang yang namanya tidak mau dipublikasikan di media ini,agar aset pemkab manggarai barat ini difungsikan lagi seperti sebelumnya.

“Selama ini terminal Nggorang sudah tidak berfungsi lagi.Kendaraan tidak masuk di dalam terminal nggorang,mereka langsung masuk ke kota.Sayang kalau terminal nggorang ini tidak diperhatikan atau difungsikan lagi”,ungkapnya.

Menurutnya,sejak dibangun,terminal nggorang hanya difungsikan selama  satu atau dua tahun saja.Setelah itu ” mubasir “.

“Kalau pemkab manggarai barat serius tanggani itu,maka terminal nggorang akan menambahkan Pendapatan Daerah”,paparnya.

Selain itu,lanjutnya,optimalisasikan semua kendaraan yang masuk dari Ruteng maupun dari kota labuan bajo harus masuk kembali keterminal nggorang.”Penataan parkir travel di pertigaan pasar baru perlu segera dilakukan”.

Sementera itu,Kepala Dinas Perhubungan Manggarai Barat,Aleksander S.Kelang,ST,saat ditemui oleh media ini,13/2/2019,mengatakan bahwa terminal nggorang sudah ada perubahan nomenklatur berdasarkan regulasi UU Pemerintahan pada tahun 2015 .

“Semua terminal yang jenis Terminal Tipe B,kewenangannya diambil oleh Dinas Perhubungan pemerintah Propinsi.Karena itu,untuk terminal Nggorang sampai saat ini masih menunggu dari pemerintah propinsi itu,berdasarkan penyesuaian regulasi antara pemda dan pemerintahan propinsi bahwa semua Terminal jenis Tipe B dikelola langsung oleh pemerintah propinsi.Maka pemerintah propinsi akan menyampaikan hal ini ke pemerintah pusat”,ungkap Alekxander.

Aleks juga menjelaskan,Pemkab Manggarai Barat akan merencanakan pembangunan terminal dalam kota,dengan jenis terminal Tipe C.”Rencana ini,terlebih dahulu dilakukan pengkajian soal lahan dan lokasinya.Kalau perdanya sudah ada,maka pada tahun 2019 ini  bisa direalisasikan pelaksanaanya”.

“Dishub Manggarai Barat sudah buat  landscape untuk bangunan terminal dalam kota”,ungkapnya.

Selain itu Aleks menginformasikan bahwa Pemerintah Propinsi NTT dalam Rakor seluruh Bupati dan Dinas perhubungan se NTT,Dinas perhubungan Provinsi NTT akan mengusulkan ke Pemerintah Pusat untuk pembangunan terminal jenis tipe A dilabuan bajo dan rencananya dilaksanakan pada tahun 2020.

“Dengan adanya bangunan terminal jenis tipe A di labuan bajo nanti,tentu berfungsi mendukung labuanbajo sebagai destinasi pariwisata”,pungkas Aleks.

Share

Hits: 33

Comments

comments

Berita Lainnya

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *